75 Peserta Semarakkan Parade Bunga dan Budaya HJKS ke-724

By Admin

nusakini.com--Pemerintah Kota Surabaya kembali menggelar Parade Budaya dan Bunga untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), Minggu (7/5). Pada HJKS ke-724 tahun ini terdapat 75 peserta yang turut berparade mulai dari Jalan Tugu Pahlawan hingga Taman Bungkul, Jalan Darmo. Turis domestik maupun mancanegara tumpah ruah ke jalan antusias untuk melihat parade dari dekat. 

Tri Rismaharini, walikota Surabaya dalam sambutannya mengajak warga Surabaya untuk bergandeng tangan bergotong-royong dan tidak ada lagi perpecahan dan permusuhan. Walikota mengajak bersatu untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi.  

Menurut walikota, warga Surabaya adalah cucu-cucu pahlawan, cucu-cucu pejuang yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk itu mari kita isi kemerdekaan dengan rukun dan tidak mudah dipecah belah. Dengan bersatu kita akan dapat mempertahankan kemerdekaan dan bisa lebih maju. 

Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dalam sambutannya mengapresiasi kemajuan kota Surabaya. Ia mengatakan, sebagai warga yang besar di Surabaya, ia kagum dan mendapati bahwa Surabaya telah berubah banyak. Menteri juga mengajak agar warga untuk selalu tetap bersih, aman, rukun dan tetap bisa membangun agar bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara. 

Parade budaya dan bunga tahun ini juga menempuh rute berbeda dibanding tahun lalu. Bila sebelumnya start dari kawasan Tugu Pahlawan dan finish di Balai Kota, maka tahun ini finish di kawasan Taman Bungkul. 

Jumlah peserta parade budaya dan bunga tahun ini mencapai 75 peserta, jauh lebih banyak dibanding tahun lalu yang 50 an. Ke-75 tersebut terdiri dari, 45 mobil hias, 24 parade budaya dan enam (6) drumband. Peserta merupakan kota-kota yang menjadi sister city Surabaya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya, BUMN, BUMD juga komunitas di Surabaya. (p/ab)